KILASJATENG.ID- PT Kereta Api Indonesia (KAI) terpaksa membatalkan empat jadwal perjalanan kereta api (KA) relasi Solobalapan, Kota Solo lantaran terdampak banjir yang melanda wilayah Semarang, Jawa Tengah, Kamis 14 Maret 2024.
Adapun empat jadwal KA yang dibatalkan tersebut adalah KA 161 (Joglosemarkerto) relasi Solobalapan-Tegal, KA 162 (Joglosemarkerto) relasi Tegal-Solobalapan, KA 207F (KA Banyubiru) relasi Solobalapan-Semarang Tawang, KA 210F (KA Banyubiru) relasi Semarang Tawang-Solobalapan.
Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan atas pembatalan jadwal empat KA tersebut pihaknya menyampaikan permintaan maaf kepada para pelanggan. Khususnya yang telah membeli tiket perjalanan empat KA tersebut.
“Daop 6 Yogyakarta meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan kereta api yang perjalanannya terdampak banjir di wilayah Semarang,” ujarnya.
Ia mengatakan, banjir yang melanda wilayah Semarang membuat jalur KA pada tiga titik di Stasiun Semarang Tawang terendam air dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel. Sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati perjalanan KA.
“Tiga titik tersebut tepatnya tepatnya di Petak Jalan Semarang Tawang – Alastua, Emplasement Stasiun Semarang Tawang dan Petak Jalan Mangkang – Kaliwungu,” papar Kris.
Karena itu, lanjutnya, Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng saat ini tidak dapat melayani naik dan turun penumpang sampai dengan kondisi banjir teratasi. Kejadian tersebut juga berdampak pada KA-KA yang melewati Daop 6 dan mengarah ke tujuan Semarang.
“Selain itu, beberapa KA yang semestinya lewat jalur utara dialihkan perjalanannya melalui lintas selatan Solo – Yogyakarta – Kroya – Purwokerto – Cirebon. Antara lain KA Harina, Pandalungan, Brawijaya, Sembrani, Parcel Utara, Argo Bromo Anggrek, Kertajaya, Dharmawangsa, Majapahit dan Blambangan yang mengarah ke Jakarta,” terangnya.
“Selain itu ada KA Jayabaya, Sembrani, Pandalungan, Majapahit, Argo Bromo Anggrek, Harina, Parcel Utara dan Gumarang yang mengarah ke Surabaya,” imbuh Kris.
Dan bagi para pelanggan yang perjalanan KA nya terimbas, KAI memberikan kompensasi sesuai regulasi yang berlaku baik berupa Service Recovery maupun pengembalian tiket hingga 100 persen tidak termasuk biaya pesan.
“Proses pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket. Untuk syarat dan detail ketentuan selengkapnya, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121,” pungkasnya.