Pastikan Layanan Optimal pada Libur Nataru, Daop 6 Gelar Ramp Check

oleh -148 Dilihat
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta bersama dengan Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Semarang Kemenhub RI melakukan ramp check Standar Pelayanan Minimum (SPM) untuk memastikan kondisi rangkaian kereta api (KA) dalam kondisi optimal menjelang musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. (Foto: dok. Humas Daop 6 Yogyakarta)

KILASJATENG.ID- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta bersama dengan Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Semarang Kemenhub RI melakukan ramp check  Standar Pelayanan Minimum (SPM) untuk memastikan kondisi rangkaian kereta api (KA) dalam kondisi optimal menjelang musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan, kegiatan ramp check diselenggarakan untuk memastikan layanan kereta api di Daop 6 Yogyakarta berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

“Libur Natal dan Tahun Baru merupakan salah satu periode dengan intensitas perjalanan yang tinggi. Kami ingin memastikan pelayanan Daop 6 Yogyakarta selama periode tersebut selalu memenuhi Standar Pelayanan Minimum yang ditetapkan,” kata Krisbiyantoro.

Ia menambahkan, pengecekan dilakukan terhadap fasilitas-fasilitas yang berada di 16 stasiun seperti Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Solobalapan, Klaten, Purwosari, dan lainnya serta di 19 kereta api seperti Taksaka, Sancaka, Lodaya, Manahan, dan lainnya. 

Di stasiun KA, tim ramp check melakukan pemeriksaan pada fasilitas keselamatan dan keamanan, kesehatan, informasi, serta penunjang lainnya.

Adapun fasilitas keselamatan dan keamanan misalnya adalah pemadam api ringan (APAR), petunjuk jalur evakuasi, titik kumpul, nomor darurat, dan lainnya. Kemudian fasilitas kesehatan seperti P3K, kursi roda, tandu, serta fasilitas penunjang lainnya seperti ruang tunggu, toilet, dan musala juga diperiksa. Fasilitas informasi yang ada, seperti jadwal kereta api, denah stasiun, dan peta jaringan KA, juga tidak luput dari pemeriksaan. 

Sedangkan di atas kereta api, pemeriksaan dilakukan terhadap fasilitas keselamatan seperti APAR, rem darurat, jalur evakuasi, alat pemecah kaca, serta kamera pengintai. Fasilitas kesehatan seperti P3K dan informasi penting seperti nomor telepon kondektur dan petugas keamanan juga diperiksa untuk memastikan layanan berjalan dengan baik.

“Hasil pemeriksaan secara keseluruhan menunjukkan bahwa layanan Daop 6 Yogyakarta yang ada sudah memenuhi standar yang ditetapkan dalam PM 48 Tahun 2015. Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh aspek,” kata Krisbiyantoro.

Dengan dilakukannya ramp check ini, KAI Daop 6 Yogyakarta berharap dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pengguna jasa kereta api selama periode Angkutan Natal 2024 dan Tahun baru 2025. Daop 6 Yogyakarta berkomitmen untuk selalu mengutamakan keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan ketepatan waktu dalam setiap layanan yang diberikan.

“Melalui kegiatan ini, kami memastikan bahwa fasilitas pelayanan, keamanan, dan kesehatan di stasiun maupun di atas kereta api siap mendukung kelancaran Angkutan Nataru 2024/2025,” tutupnya.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News