Libur Nataru, Jumlah Penumpang KA di Daop 6 Hampir 1 Juta Orang

oleh -314 Dilihat
Penumpang KA di Stasiun Solo Balapan. (Foto: Dok. Humas PT KAI)
Penumpang KA di Stasiun Solo Balapan. (Foto: Dok. Humas PT KAI)

KILASJATENG.ID- Sepanjang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) ini jumlah penumpang kereta api (KA)  baik yang turun maupun naik di stasiun yang ada di Daop 6 Yogyakarta mencapai 911.174 orang. 

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan, jika dibandingkan dengan libur Nataru tahun sebelumnya, jumlah penumpang KA tahun ini mengalami kenaikan sebanyak 39,5 persen.

“Periode Nataru sebelumnya yang terdapat 653.091 orang penumpang naik turun di semua stasiun Daop 6, sedangkan libur Nataru tahun ini tercatat sebanyak 911.174 orang,” ujarnya dalam pers rilis yang diterima Kilasjateng.id, Senin 8 Januari 2024. 

Adapun rincian volume penumpang pada Nataru kali ini adalah penumpang naik dari seluruh stasiun Daop 6 sebanyak 468.786 orang. Sedangkan penumpang yang turun sebanyak 442.388 orang.

Sementara, jika melihat lima stasiun yang menjadi favorit penumpang selama libur Nataru yakni Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Klaten, dan Purwosari. Dimana rinciannya adalah Stasiun Yogyakarta sebanyak total 394.050 penumpang, Stasiun Lempuyangan sebanyak 211.576, Stasiun Solo Balapan sebanyak 159.518 penumpang, Stasiun Klaten sebanyak 48.651 penumpang, dan Stasiun Purwosari sebanyak 37.739 penumpang.

Sedangkan dari total volume penumpang yang naik turun di seluruh stasiun Daop 6 Yogyakarta sepanjang tahun 2023 meningkat dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 total volume penumpang yang naik turun di seluruh stasiun Daop 6 Yogyakarta mengalami peningkatan sebesar 12 persen, dari yang sebelumnya tahun 2022 sejumlah 5.227.053 penumpang tahun 2023 menjadi sejumlah 5.857.291 penumpang.     

“Sebelumnya, Daop 6 mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan yang telah mempercayakan kereta api sebagai moda transportasi untuk bepergian selama masa Angkutan Nataru 2023/2024 kali ini. Merupakan suatu kebanggan bagi kami dapat mengantarkan masyarakat dan tak lupa kami akan selalu berinovasi untuk meningkatkan layanan,” kata Kris.* 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News