Hari Ketiga Libur Nataru, 241.965 Tiket KA Sudah Terjual di Daop 6 Yogyakarta

oleh -330 Dilihat
Stasiun Solo Balapan menjadi stasiun terpadat di Kota Solo selama libur Nataru. (Foto: Putri Sejati)

KILASJATENG.ID- Memasuki hari ketiga libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Minggu 24 Desember 2023, sebanyak 241.965 tiket kereta api (KA) jarak jauh maupun lokal di Daop 6 Yogyakarta sudah terjual. 

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan, berdasarkan data pada Minggu tanggal 24 Desember 2023, tiket KA jarak jauh keberangkatan awal Daop 6 saja dan KA lokal yang dikelola Daop 6, telah terjual sebanyak 241.965 tiket selama 18 hari masa angkutan Nataru.

“Sejumlah daerah seperti Jakarta, Bandung, Purwokerto, Surabaya, dan Semarang menjadi tujuan favorit masyarakat yang bepergian di libur Natal kali ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, kemungkinan besar pembelian tiket akan terus bertambah mendekati tahun baru nantinya. Pasalnya, kebiasaan masyarakat memang masih cenderung membeli tiket KA mendekati hari keberangkatan meski pembeliannya sudah bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan. 

“Kami mencatat tipikal pelanggan saat ini adalah membeli tiket dengan tempo mendekati tanggal keberangkatan seperti pada H-2, H-1, bahkan melakukan pembelian langsung (go show) di hari keberangkatan,” kata dia. 

Sementara itu, selama libur Nataru selama tiga hari, yakni 21-23 Desember 2023, Daop 6 Yogyakarta mencatat sebanyak 172.133 penumpang telah turun dan naik di 12 stasiun yang ada. Meski masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 masih akan berlangsung selama 15 hari lagi hingga 7 Januari 2024.

“Tanggal 23 Desember 2023 merupakan puncak libur Natal 2023 dimana volume keberangkatan dan kedatangan di stasiun-stasiun Daop 6 pada hari tersebut mencapai total 62.904 pelanggan,” ungkap Kris. 

Ia mengatakan, volume kepadatan pelanggan tersebut meningkat 3,9 persen dibandingkan hari sebelumnya dimana Daop 6 pada tanggal 22 Desember melayani 60.532 pelanggan dan meningkat 29,1 persen dari hari pertama, 21 Desember yang melayani 48.697 pelanggan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan karena telah mempercayakan perjalanan di masa libur Natal ini kepada KAI. Daop 6 telah mengerahkan para petugas posko di stasiun untuk melayani pelanggan dan melakukan pengaturan flow agar alur penumpang di stasiun berjalan dengan baik,” ucapnya. 

“Karena itu, Daop 6 mengimbau kepada para pelanggan untuk memperhatikan setiap instruksi petugas dan pengumuman keberangkatan serta kedatangan kereta di stasiun dengan baik,” imbuh Kris.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News