Cepat Tanggap Banjir Sumatera, Ini Upaya yang Dilakukan Indosat Ooredoo Hutchison 

oleh -5 Dilihat
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bergerak cepat dalam membantu penanganan bencana banjir dan longsor yang melanda Pulau Sumatera. (Foto. Dok IOH)
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bergerak cepat dalam membantu penanganan bencana banjir dan longsor yang melanda Pulau Sumatera. (Foto. Dok IOH)

KILASJATENG.ID– Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) bergerak cepat dalam membantu penanganan bencana banjir dan longsor yang melanda Pulau Sumatera, khususnya di Aceh, Sumatera Utara dan Sumatera Barat dengan segera melakukan pemulihan jaringan telekomunikasi.

Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung mengatakan, sejak awal bencana, Indosat berupaya meminimalisir dampak gangguan layanan telekomunikasi agar masyarakat tetap bisa terhubung dengan keluarga dan memperoleh informasi penting selama masa darurat. Upaya ini sejalan dengan komitmen Indosat untuk menghadirkan layanan yang andal, termasuk pada saat masyarakat menghadapi situasi paling menantang.

“Tantangan pemulihan jaringan kali ini cukup kompleks karena pemadaman listrik, akses jalan yang terputus, serta kerusakan jalur fiber akibat banjir dan longsor. Di situasi kritis seperti ini, prioritas kami adalah mempercepat pemulihan dengan tetap mengedepankan keselamatan tim. Kami mengoperasikan genset permanen maupun portabel dengan tambahan pasokan BBM untuk mengatasi pemadaman listrik, sekaligus menyediakan satellite link pada hub-hub utama untuk memulihkan transmisi ketika jalur fiber terputus,” ujarnya.

Baca Juga  Telkomsel Capai Pemulihan Jaringan Seluler 76,5% di Wilayah Terdampak Bencana Sumatera

Ia menambahkan, seluruh upaya ini tidak berdiri sendiri, melainkan merupakan bagian dari gotong royong lintas sektor dimana Indosat berkoordinasi secara erat dengan Komunikasi Digital (Komdigi), yang secara langsung dipimpin oleh Menteri Komdigi, Meutya Hafid, serta bekerja bersama pemerintah pusat dan daerah, PLN, BPBD, TNI, penyedia infrastruktur, dan masyarakat setempat. 

Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung saat rakor pemulihan jaringan bersama Komdigi di Medan, 1 Desember 2025. (Foto: dok IOH)
Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung saat rakor pemulihan jaringan bersama Komdigi di Medan, 1 Desember 2025. (Foto: dok IOH)

Dukungan bersama ini memungkinkan tim Indosat membuka akses, mempercepat mobilitas peralatan, dan mempercepat pemulihan layanan sehingga pemulihan jaringan menunjukkan progres signifikan. 

“Hingga 3 Desember 2025, layanan di sebagian besar wilayah terdampak telah kembali berfungsi secara bertahap, termasuk 50% wilayah Aceh, 92% wilayah Sumatera Utara, dan lebih dari 97% wilayah Sumatera Barat beroperasi dengan normal,” papar Desmond. 

Baca Juga  Perluas Akses Produk dan Buka Peluang Usaha, Voucher Pulsa Grosir Indosat Hadir di Indogrosir

Selain upaya teknis, Indosat juga menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi warga terdampak berupa makanan siap santap, air minum, alas tidur, selimut, perlengkapan kebersihan diri, serta kartu perdana IM3 dan Tri didistribusikan melalui posko resmi di Padang Pariaman dan Langkat.

Penyaluran bantuan tersebut dilakukan Indosat bekerja sama dengan pemerintah daerah, relawan, dan komunitas lokal, dengan prioritas kepada kelompok rentan seperti anak-anak, lansia, serta ibu dengan bayi.

“Indosat akan terus memantau kondisi jaringan dan kebutuhan masyarakat di lapangan, serta menyesuaikan dukungan sesuai situasi. Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, Indosat berkomitmen hadir dengan semangat kemanusiaan dan gotong royong untuk mempercepat pemulihan pascabencana,” tutup Desmond.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News