KILASJATENG.ID– Berbeda dengan mayoritas perusahaan yang mengeluarkan banyak merk, PT Indaco Warna Dunia (INDACO) memilih untuk konsisten dengan hanya mengeluarkan dua brand produk cat, yakni Envi dan Belazo.
Presiden Direktur PT Indaco Warna Dunia (INDACO), Iwan Adranacus mengatakan, keputusannya hanya mengeluarkan dua merk produk cat adalah untuk menciptakan benchmark atau patokan yang kuat, dalam menghadapi persaingan industri cat yang ketat.
“Benchmark kami ya Envi dan Belazo itu. Setiap ingat Envi dan Belazo, otomatis akan mengingat INDACO. Ini produk berkualitas dari INDACO,” ujarnya.
Hal itu, lanjutnya, ia contoh dari pengalaman dan sejarah pelaku industri cat dunia yang juga menerapkan hal yang sama. Yakni selalu fokus pada merk tertentu, sehingga tidak memiliki banyak brand yang diproduksi.
Pria kelahiran Ende, 27 Maret 1978 itu menambahkan, jika brand building yang dilakukan berhasil, maka konsumen akan terpatri dengan produk yang dikeluarkan perusahaan tersebut.
“Dengan tidak mengusung brand terlalu banyak, kami juga bisa lebih konsisten dan persisten dalam melakukan penetrasi pasar. Selain itu, dengan mengusung merk secara konsisten, kami menilai, proses brand building bisa lebih cepat dan kuat. Pola dan jejak itu yang kemudian kami terapkan di INDACO,” ungkap Iwan.
Konsistensi INDACO mempertahankan dua merk tersebut bisa dirasakan saat ini. Dimana baik produk cat merk Envi maupun Belazo sama-sama bisa diterima dengan baik oleh pasar. Dan mampu menempatkan INDACO di level sepuluh besar pabrik cat di Indonesia, bahkan beranjak menuju lima besar.
Sementara di lingkup Jawa Tengah, INDACO ada di posisi tiga besar perusahaan cat yang produknya paling banyak diminati pasar.
“Kalaupun ada merek lain, itu varian produk di luar cat. Saat ini, kami juga memiliki produk mortar dengan merek Modacon, serta merek Top Seal untuk produk pelapis anti alkali dan anti bocor,” tutur Iwan.
Diketahui Envi sendiri merupakan peleburan nama dari brand yang diusung INDACO di awal berdiri pada 5 Desember 2005 lalu, yakni Envitex untuk produk cat tembok dan Envilux untuk produk cat kayu dan besi.
Peleburan brand itu dilakukan pada 2010, dengan alasan brand Envitex maupun Envilux berasal dari akar kata yang sama, yakni Envi.
Kata envi merupakan kependekan dari environmentally friendly atau ramah lingkungan, yang selaras dengan konsep produk cat ramah lingkungan yang diusung INDACO sejak awal berdiri.
Sedangkan brand Belazo, diluncurkan belakangan dengan menyasar segmen premium. Namanya terinspirasi dari kata Bellagio, nama sebuah kota di Italia yang memiliki keindahan panorama dan arsitektur kota yang menawan.

