Begini Wujud Komitmen CIMB Niaga untuk Masa Depan Berkelanjutan

oleh -227 Dilihat

KILASJATENG.ID– Sebagai salah satu bank terdepan yang aktif mengimplementasikan sustainability (keberlanjutan) di Indonesia, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus menjalankan usaha, dengan melakukan sinergi antara aspek ekonomi, lingkungan hidup, sosial, dan tata kelola ke dalam proses dan usaha perbankan.

Corporate Communications Head CIMB Niaga Hery Kurniawan menyatakan, untuk menanamkan nilai keberlanjutan dalam strategi bisnis Bank, CIMB Niaga berpusat pada lima pilar utama keberlanjutan, yaitu Tindakan Berkelanjutan, Usaha Berkelanjutan (Bisnis Berkelanjutan), Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan, Tata Kelola dan Risiko, serta Pelibatan Pemangku Kepentingan dan Advokasi.

“Berbagai inisiatif telah dan akan terus kami lakukan untuk mendukung tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs). Hal ini merupakan bukti komitmen CIMB Niaga untuk tidak sekadar mengejar profit, namun juga berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan dan bumi untuk generasi mendatang, sejalan dengan pesan keberlanjutan CIMB Niaga #SekarangUntukMasaDepan,” kata Hery dalam Bincang Santai dengan Media yang dilakukan menjelang penganugerahan dirinya sebagai Tokoh PR Berpengaruh 2024 dari MAW Talk di Yogyakarta, Jumat (28/6/2024) kemarin.

BACA JUGA: Antisipasi Bully dan Konflik Medsos, Dosen FKIP UNS Beri Pelatihan Tata Krama Komunikasi

Di antara contoh penerapan sustainability di CIMB Niaga, antara lain meluncurkan berbagai produk dan program keuangan berkelanjutan yang mendukung capaian SDGs dan aksi iklim. Produk tersebut seperti Tabungan iB Mapan Berhadiah Wakaf, Giro Kartini, pembiayaan panel surya, Green Mortgage, Sustainability-Linked Loan/Financing, dan program Sustainable Financing.

Produk-produk tersebut juga disambut baik nasabah, hal ini tercermin dari hasil per 31 Maret 2024, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp54,8 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan SDG. CIMB Niaga juga terpilih sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia, yang ditargetkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga  OJK Solo Hibahkan Aset untuk MI Muhammadiyah Doyong Sragen

Adapun sebagai bagian dari corporate citizenship, CIMB Niaga memiliki perhatian besar kepada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, Perseroan bekerja sama dengan United Nations Children’s Fund (UNICEF) mendukung upaya Pemerintah dalam mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur. Dalam program ini CIMB Niaga juga memberikan kesempatan kepada masyarakat dan nasabah yang ingin berkontribusi dengan berdonasi melalui Rekening CIMB Niaga Peduli.

Selain bersama UNICEF, sebelumnya CIMB Niaga melalui Unit Usaha Syariah (CIMB Niaga Syariah) juga telah mencanangkan progam Pengentasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem bekerja sama dengan KADIN dan Kompas Gramedia Group.

Sebagai upaya untuk terus mendukung aksi mitigasi perubahan iklim, CIMB Niaga sejak 2012 terus aktif dalam konservasi dan pelestarian bambu bersama KEHATI dan telah menanam 49.400 pohon, yang tersebar di berbagai wilayah seperti Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTB dan NTT. Tak hanya itu, upaya lain juga dilakukan seperti melakukan pembelian unit karbon melalui Bursa Karbon Indonesia (Indonesia Carbon Exchange atau IDXCarbon) dan pemasangan solar panel di lingkungan kantor.

CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group. CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay (e-money), BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Baca Juga  OJK Solo Hibahkan Aset untuk MI Muhammadiyah Doyong Sragen

BACA JUGA:Mandiri Jogja Marathon 2024 Resmi Digelar, Targetkan Hidup Sehat dan Dukung Program Ekowisata

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah. Per 31 Maret 2024, layanan CIMB Niaga didukung dengan 12.000 karyawan (konsolidasi), 407 kantor cabang dan jaringan (termasuk 37 digital lounges), 3.844 ATM, serta 670.441 EDC, QR, dan e-Commerce yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia. Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD15,0 miliar per 31 Maret 2024. Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah,serta pengelolaan aset dan asuransi. CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina). Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, dan Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News