KILASJATENG.ID- Kabar baik bagi masyarakat yang ingin berlibur ke Kota Jogja atau Solo, pasalnya selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) KAI Commuter menambah jadwal perjalanan Commuter Line atau Kereta Rel Listrik) KRL Solo-Jogja dari 20 perjalanan menjadi 30 perjalanan.
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, penambahan perjalanan KRL Solo-Jogja tersebut berlaku mulai 20 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024 mendatang atau selama Masa Angkutan Nataru.
“Untuk hari kerja kita tambah 10 perjalanan, sedangkan di akhir pekan kita tambah enam perjalanan. Sehingga totalnya menjadi 30 perjalanan. Karena di akhir pekan sudah ada 24 perjalanan dan di hari kerja 20 perjalanan dari Kota Solo dan Kota Jogja,” ujarnya.
Penambahan perjalanan itu, lanjutnya, sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pengguna jasa KRL Solo-Jogja. Apalagi selama musim libur Nataru diprediksi jumlah penumpang KRL Solo-Jogja akan mengalami peningkatan 11 persen jika dibandingkan tahun lalu untuk periode yang sama.
“Libur Nataru tahun lalu jumlah penumpang selama masa angkutan Nataru mencapai 330.000 orang dan tahun ini kita prediksi akan naik menjadi 365.000 orang atau naik 11 persen,” kata Anne.
Adapun untuk penambahan waktu perjalanan, KAI Commuter telah berusaha menyesuaikan dengan jadwal kereta api (KA) jarak jauh maupun KA Bandara. Sehingga masyarakat bisa memaksimalkan perjalanan dengan menggunakan baik dari Kota Solo maupun dari Jogja.
Sementara itu, untuk KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo PP tetap mengoperasikan delapan perjalanan setiap harinya selama libur Nataru. Adapun jumlah volume Pengguna Prameks diprediksi akan naik sebesar 50 ribu orang atau naik 17 persen jika dibandingkan tahun lalu sebanyak 42 ribu orang dibandingkan Nataru tahun lalu.
“Dari segi pengamanan dan pelayanan Posko Nataru 2023-2024, KAI Commuter menyiagakan 205 orang petugas diantaranya 162 sebagai Security Stasiun dan Aset, 39 sebagai Security di atas KA, dua petugas kepolisian dan dua orang sebagai operator Rescue, petugas Passenger Service (PS) dan Announcer akan membantu dan mengarahkan para pengguna,” ujar Anne.*