KILASJATENG.ID– Meski sudah lama beroperasi dan digunakan oleh banyak masyarakat, KAI Commuter terus mensosialisasikan layanan perjalanan commuter line atau Kereta Rel Listrik (KRL).
Terbaru dengan menggelar kegiatan “Roadshow Commuterline Gaya Generasi Urban #Pilihan Cerdas” yang dilakukan secara bergiliran di 15 stasiun yang dilayani oleh Commuter Line. Salah satunya di Stasiun Solobalapan, Minggu 27 Agustus 2023 yang menjadi stasiun keenam dalam kegiatan roadshow tersebut.
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, dalam roadshow tersebut dilakukan sosialisasi layanan perjalanan Commuter Line Yogyakarta dan Commuter Line Prambanan Ekspres (Prameks).
“Selain itu, KAI Commuter juga mengenalkan kembali Kartu Multi Trip (KMT) sebagai sistem integrasi pembayaran moda transportasi publik. Dengan menggunakan KMT, pengguna Commuter Line atau KRL Solo-Jogja dan Commuter Line Prameks yang akan melanjutkan perjalanannya menggunakan Bus Trans-Yogya sudah bisa menggunakan KMT sebagai pembayaran tiketnya,” ujarnya.
Sementara itu, Dirut PT Kereta Commuter Indonesia, Asdo Artriviyanto saat menjadi pembicara dalam talkshow “Roadshow Commuterline Gaya Generasi Urban #Pilihan Cerdas” di Stasiun Solobalapan memaparkan sepanjang tahun 2023 hingga 24 Agustus, total pengguna KRL Solo-Jogja sebanyak 3.923.512 orang.
“Di awal pengoperasian KRL Solo-Jogja hanya 4.000 orang per hari, saat ini jumlahnya sudah mencapai 15.000 per hari. Sedangkan overline-nya total sebanyak 3,6 juta. Untuk Prameks, dulu per hari sebanyak 500 penumpang namun sekarang sudah mencapai 2.000 orang per hari dengan total 570.000 penumpang,” urainya.
Dari jumlah penumpang yang sudah menggunakan layanan Commuter Line baik di Kota Solo maupun Yogyakarta, tercatat sebanyak 56,09 persen atau sebanyak 2.2 juta pengguna lebih menggunakan KMT sebagai transaksi pembayaran tiket Commuter Line.
“Sementara itu, total pemjualanan KMT sepanjang 2023 ini sebanyak 243.239 pcs. Tentunya hal ini menjadikan KAI Commuter untuk terus melakukan inovasi-inovasi untuk peningkatan layanan kepada para penggunanya,” paparnya.
Ia memaparkan, KMT, kini tidak hanya bisa digunakan untuk membayar tiket KRL, namun juga untuk transaksi pembayaran Bus Trans-Yogya dan pembayaran parkir kendaraan di stasiun Commuter Line.
“Integrasi pembayaran ini adalah bentuk layanan KAI Commuter dalam memberi kemudahan bagi masyarakat dalam menggunakan transportasi publik. Dan terdapat KMT spesial desain HUT ke-78 RI yang sudah dapat dibeli di stasiun-stasiun,” ujarnya.
Tak hanya sosialisasi dan pengenalan KMT, KAI Commuter juga mengenalkan Aplikasi C-Access. Aplikasi ini merupakan re-branding atas aplikasi milik KAI Commuter terdahulu yang bernama KRL Access, dimana terdapat penambahan fitur-fitur terbaru pada aplikasi C-Access guna peningkatan layanan kepada pengguna Commuter Line.
Selain itu, pada roadshow ini KAI Commuter juga mengkampanyekan Green Commuter yang merupakan program penghijauan area stasiun dan diluar stasiun sekaligus menjaga bumi. Secara simbolis KAI Commuter menyerahkan bibit pohon kepada perwakilan dari staisun untuk ditanam di sekitar stasiun sedangkan diluar stasiun penanaman pohon dilakukan di Taman Urban Forest Bengawan Solo.
Sementara itu, untuk memberikan apresiasi dan hiburan kepada pengguna yang ada di Stasiun, KAI Commuter juga menampilkan millennials insan KAI Commuter yang bergabung dalam C-Dance dan C-Choir.
Dalam pertunjukannya, C-Dance menampilkan gerak tari dan koreografi yang semangat. Sedangkan C-Choir akan menampilkan pertunjukan dengan menyanyikan lagu-lagu yang familiar.*