Psikologi UMBY Gelar Pelatihan Pengabdian untuk Tumbuhkan Budaya Komunikasi Produktif

oleh -245 Dilihat
Pelatihan komunikasi produktif yang dilakukan oleh perusahaan CGI (Cybers Global Indonesia) bekerja sama dengan Tim Pengabdian Masyarakat UMBY
Pelatihan komunikasi produktif yang dilakukan oleh perusahaan CGI (Cybers Global Indonesia) bekerja sama dengan Tim Pengabdian Masyarakat UMBY

KILASJATENG.ID-Komunikasi dalam dunia kerja memiliki peranan penting dalam membangun kemajuan perusahaan, baik itu komunikasi internal antar karyawan maupun komunikasi ekternal yaitu dengan pelanggan perusahaan. Komunikasi seperti apa yang disebut efektif dan perlu dimiliki oleh karyawan perusahaan, tentunya adalah komunikasi produktif.
Tema inilah yang dubahas dalam pelatihan komunikasi produktif yang dilakukan oleh perusahaan CGI (Cybers Global Indonesia) pada 16 Agustus 2023 yang lalu bekerja sama dengan Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Mercubuana Yogya (UMBY) yang diketuai oleh Davita Variani, M.Psi Psikolog dengan beranggotakan Nia Kusuma Wardhani, M.Psi Psikolog dan Luthfi Noor Aini, S.Psi.,M.A. Dalam kesempatan ini hadir trainer dengan sertifikasi BNS yaitu Sabiqul Khair, SHI, M.Si. “Peserta yang hadir dalam pelatihan online ini berasal dari Sabang sampai Merauke, yang notabene adalah mahasiswa yang sedang melakukan magang di berbagai perusahaan di daerah masing-masing,” ujar Davita Variani. Dia menyebut posisi peserta berasal dari bagian pemasaran, sekretaris, implementator dan sebagainya di dalam perusahaan CGI. Peserta yang hadir berjumlah hampir 100 orang.

Baca Juga  Wisuda 703 Lulusan, Begini Pesan Rektor UNS Solo untuk Wisudawan

Dia menjelaskan jika pelatihan berjalan sangat produktif dan sangat komunikatif. Terlihat antusias peserta yang semuanya open camera, ikut praktek komunikasi produktif yang dipandu trainer Handal. “Praktik komunikasi pertama yang sangat sederhana adalah komunikasi berawal dari senyum, semua peserta praktek senyum sampai semua giginya terlihat. Terlihat peserta agak kaget saat diminta untuk tersenyum, karena hal inilah sebagai konsep dasar sederhana dari komunikasi produktif berawal dari senyum,” jelasnya.
Dia menjelaskan senyum kita kepada klien akan membangun kedekatan kita kepada orang lain. Selain itu komunikasi produktif perlu direalisasikan pada perilaku kerja yang positif. Hal ini selaras dengan komunikasi produktif adalah proses penyampaian pesan kepada lawan bicara secara efektif dan tidak bias.  “Komunikasi produktif muncul dari cara berpikir positif dan pemilihan kata-kata yang memiliki energi. Artinya perlu pikiran dijadikan pondasi untuk berpikir secara benar, sistematis dan terstuktur,” tambahnya.

Baca Juga  Kunjungi UNS Solo, Menteri PPN/ Kepala Bappenas Apresiasi Inisiasi Kampus

Dikatakan jika dalam komunikasi produktif yang perlu diperhatikan ada 3 hal, yaitu Bagaimana kita Menyusun kata-kata, bagaimana kita bisa meramu intonasi suara menjadi susuatu yang power full dan Bagaiamana kita bisa menggerakan tubuh kita untuk menguatkan apa yang kita katakan. “Kalau kita ingin memiliki komunikasi yang produktif maka tipsnya antara lain banyak-banyak membaca, kerana dengan membaca kita akan banyak menukan diksi-diksi baru yang akan memperkaya kata-kata kita. Kmudian Komunikasi adalah ilmu praktek bukan ilmu teori, semakin kita berlatih maka kita akan menjadi ahli,” ungkap Sabiqul Khair trainer PPKD Indonesia Consulting menimpali.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News