KILASJATENG.ID- Sepanjang 12 hari pelaksanaan masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024-2025, KAI Commuter Wilayah 6 Yogyakarta mencatat KRL Solo-Jogja telah mengangkut sebanyak 302.258 penumpang.
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus mengatakan, jika digabungkan dengan jumlah penumpang yang diangkut KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo, maka pihaknya telah melayani sebanyak 331.952 penumpang.
“Dari rangkuman data volume pengguna Commuter Line Yogyakarta-Palur (KRL Solo-Jogja) hingga 29 Desember kemarin di angka 302.258 orang. Sedangkan untuk perjalanan KA Prambanan Ekspres (Prameks) Yogyakarta-Kutoarjo dengan jumlah pengguna sampai 29 Desember 2024 ini sudah di angka 29.694 orang. Sehingga total volume sebanyak 331.952 penumpang,” ujarnya kepada awak media di Stasiun Solobalapan, Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (31/12/2024).
Sedangkan dari sisi stasiun yang paling banyak menaikkan penumpang, Joni memaparkan untuk KRL Solo-Jogja masih dipegang Stasiun Tugu Yogyakarta dengan jumlah sebanyak 76.974 penumpang yang turun di stasiun tersebut dan sebanyak 68.545 orang yang naik.
“Selain itu, khusus di Stasiun Kutoarjo merupakan stasiun Commuter Line Prameks yang mengangkut pengguna sebanyak 9.708 orang,” kata Joni.
Di sisi lain, selama masa angkutan Nataru ini pihaknya memang menambah jumlah perjalanan atau trip KRL Solo-Jogja maupun KA Prameks. Yakni dari 24 trip atau 12 PP menjadi 30 trip atau 15 PP untuk KRL dan Commuter Line Prameks sebanyak 10 perjalanan dari dan menuju Kutoarjo.

“KAI Commuter juga menargetkan total volume pengguna Commuter Line Wilayah 6 Yogyakarta selama masa Nataru tahun ini sebanyak 617.770 orang atau lebih banyak 16,94 persen jika dibandingkan dengan masa Nataru 2023-2024 lalu yang sebanyak 528.284 orang,” papar Joni.
Sementara itu, dari segi pengamanan dan pelayanan Posko Nataru 2024-2025, KAI Commuter menyiagakan petugas di antaranya Security Stasiun dan Security di atas KA, Rescue, petugas Passenger Service (PS), dan Announcer yang akan membantu dan mengarahkan para pengguna. Selain itu, fasilitas layanan lainnya seperti kursi tunggu, charging booth, toilet, musholla, serta videotron sebagai informasi layanan juga telah disediakan untuk memberikan kenyamanan kepada seluruh penggunanya.
Selalu rencanakan perjalanan dengan cermat, gunakan aplikasi C-Access untuk mendapatkan info tarif dan jadwal perjalanan commuter line, serta Access by KAI untuk transaksi tiket Prameks. Untuk bantuan informasi perjalanan, dapat menghubungi layanan 24 jam Contact Center 021-121 atau mengakses akun media sosial resmi @commuterline.
“Pengguna dihimbau untuk tidak berlari-lari pada saat akan menuju kereta, karena akan membahayakan diri sendiri. Jadilah pengguna yang tertib dengan mengutamakan keselamatan, baik di stasiun maupun di dalam Commuter Line,” tutup Joni.*