Jalur Sentolo-Wates Daop 6 Berangsur Normal Kembali, PT KAI Tetap Beri Kompensasi

oleh -125 Dilihat
Penumpang mengajukan refund pasca kejadian musibah yang terjadi pada KA Argo Semeru Selasa 17 Oktober 2023 di petak jalan Sentolo - Wates.
Penumpang mengajukan refund pasca kejadian musibah yang terjadi pada KA Argo Semeru Selasa 17 Oktober 2023 di petak jalan Sentolo - Wates. (Foto: Dok. Humas Daop 6 KAI)

KILASJATENG.ID– PT Kereta Api Indonesia (KAI) tetap memberikan kompensasi keterlambatan dan pengembalian tiket pada pelanggan terdampak meski perjalanan kereta api (KA) antara Stasiun Sentolo-Stasiun Waters sudah berangsur normal pasca anjloknya KA 17 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng – Gambir di KM 520 +4 petak pada Selasa 17 Oktober 2023 kemarin.

Humas Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro mengatakan, perjalanan KA antara Stasiun Sentolo – Stasiun Wates berangsur normal kembali meskipun masih terdapat pembatasan kecepatan di kedua jalur baik hulu yang dibatasi maksimal 40 km/jam maupun hilir maksimal 10 km/jam.

“Beberapa KA masih mengalami kelambatan pasca evakuasi dan perbaikan jalur di petak antara Sentolo – Wates. KAI Daop 6 terus berupaya agar jalur dapat pulih seutuhnya serta dapat melayani masyarakat kembali dengan kecepatan normal,” ujarnya.

Daop 6 pun menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang mengalami keterlambatan imbas proses normalisasi jalur rel di antara Stasiun Sentolo – Stasiun Wates, pasca anjloknya KA Argo Semeru Selasa 17 Oktober 2023 lalu. 

Baca Juga  Sepanjang Tahun 2024 KAI Commuter Catat Pengguna KRL Solo-Jogja Hampir 9 Juta

“Daop 6 tetap memberikan kompensasi keterlambatan dan pengembalian tiket pada pelanggan terdampak sampai dengan tujuh hari kedepan terhitung mulai tanggal 17 Oktober 2023,” papar Krisbiyantoro. 

Adapun Untuk pemberian kompensasi kepada penumpang terdampak kecelakaan ini, KAI mematuhi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api. 

Dimana dalam hal keterlambatan keberangkatan kereta api antarkota lebih dari satu jam, penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian seluruh biaya tiket. Jika tidak membatalkan tiket, maka akan diberikan minuman ringan untuk keterlambatan lebih dari satu jam dan diberikan minuman dan makanan ringan berat untuk keterlambatan lebih dari tiga jam.

Baca Juga  KA Sancaka Tertemper Truk di Sragen, Petugas Daop 6 Yogyakarta Gerak Cepat Normalisasi Perjalanan KA 

“Bagi pelanggan KA Argo Semeru dan Argo Wilis yang barangnya tertinggal atau hilang saat kejadian anjlogan, dapat mengambil keberadaan barangnya secara langsung di Stasiun Wates dan Stasiun Gambir,” jelas Krisbiyantoro.

Ia memaparkan sampai saat ini ada 26 nama pemilik barang dengan rincian; 11 orang telah konfirmasi dan barangnya dikirim ke stasiun Gambir siang ini pukul 13:00 wib. Dan satu orang barang dikirim ke stasiun Yogyakarta, satu orang barang dikirim ke Purwokerto dengan KA Bogowonto, sedangkan tujuh orang belum terkonfirmasi barang masih di stasiun Wates dan sisanya barang sudah diambil pemiliknya. 

“Pengambilan barang dapat dilakukan dengan menunjukkan identitas dan tiket KA baik fisik maupun digital kepada petugas di stasiun,” tutupnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News