Targetkan 30 Juta UMKM Onboarding, MenKop UKM Dorong Pelaku Usaha Masuk Ekosistem Digital

oleh -269 Dilihat
MenKop UKM Teten Masduki usai mengikuti live shopping bersama Tokopedia PLAY di Hari UMKM Nasional 2023 Expo di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu 12 Agustus 2023.
MenKop UKM Teten Masduki usai mengikuti live shopping bersama Tokopedia PLAY di Hari UMKM Nasional 2023 Expo di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Jateng, Sabtu 12 Agustus 2023. (Foto: Putri Sejati)

Kilasjateng.id – Menteri Koperasi dan UMKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengatakan pihanya terus mendorong agar pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tak ragu untuk masuk dalam ekosistem digital. Sehingga bisa memanfaatkan teknologi selain giat berinovasi. 

“UMKM nasional termasuk para juara lokal semakin giat berinovasi dan memanfaatkan teknologi untuk mendapat keunggulan kompetitif di pasar,” ujarnya usai live shopping bersama Tokopedia PLAY di Hari UMKM Nasional 2023 Expo di Pamedan Pura Mangkunegaran, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu 12 Agustus 2023. 

Ia memaparkan, saat ini terdapat sebanyak 22 juta pelaku UMKM yang sudah onboarding dan Kementerian Koperasi dan UMKM pun menargetkan jumlahnya akan meningkat menjadi 30 juta di akhir tahun 2023 mendatang.

“Hingga sekarang sebanyak 22 juta UMKM sudah onboarding, dan angka tersebut akan terus meningkat seiring dengan target Pemerintah untuk mendorong 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital,” urainya.  

Baca Juga  UMKM Produk Kayu, Jamu Premium, hingga Tukang Ojek Berkolaborasi Menggerakkan Ekonomi Desa Lewat Suadesa Festival 2025

“Saya juga berharap melalui digitalisasi UMKM ini, para pengusaha lokal dapat mengembangkan pasar dan menjangkau lebih banyak pelanggan, serta naik kelas. Makanya ayo kita cintai produk lokal, kita beli, dan kita konsumsi produk kita sendiri,” imbuh Teten.

Karena itu, pihaknya pun mengapresiasi  PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) yang tetap serius memberdayakan UMKM nasional melalui berbagai inisiatif teknologi maupun program. 

Terkait komitmen terhadap UMKM di Indonesia, Direktur, Presiden E-Commerce GoTo, Melissa Siska Juminto mengatakan, pihaknya akan terus menghadirkan inovasi untuk mengantisipasi kebutuhan pelaku UMKM di setiap fase perkembangan bisnis mereka.

“Ekosistem GoTo hadir bagi UMKM, untuk terus tumbuh dan berkembang, terlebih di masa pemulihan ekonomi, melalui unit bisnis kami, On-Demand Service, E-commerce dan Fintech,” ujarnya.

Melihat perkembangan dari Mitra Usaha GoTo yang kian maju, Melissa pun meyakini bahwa UMKM lokal bisa terus bertahan bahkan melangkah lebih jauh melalui pemanfaatan teknologi, 

Baca Juga  Suadesa Festival 2025 Dorong Perputaran Ekonomi Desa Karangrejo Magelang hingga Rp 3 Miliar

“Melalui berbagai ragam solusi yang kami miliki, kami berharap GoTo senantiasa terus menjadi go to platform bagi UMKM Indonesia di mana saja,” kata dia. 

Sementara itu, dalam live shopping dari Tokopedia Play, MenKopUKM mempromosikan sejumlah produk dari UMKM Kota Solo. Mulai dari fashion hingga kuliner. Dimana selama live berlangsung seluruh produk yang dijajakan ludes terjual.

“Terima kasih sekali Pak Menteri Kota Solo sudah dipercaya menjadi tuan rumah untuk Festival UMKM Nasional dan terima kasih hari ini sudah menyempatkan waktu untuk melakukan live shopping Tokopedia dan luar biasa sekali produk-produk UMKM Solo sold out,” ucap Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.*

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News